Peranan Gudang Dalam Penawaran dan Permintaan Barang

Gudang mempunyai peranan dalam hal mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan, hal ini disebabkan karena permintaan pasar tidak selalu bisa diproyeksikan secara akurat sedangkan proses penawaran suatu barang harus terus berjalan.

Distribution Centre, Ada beberapa gudang yang hanya menyimpan produk dalam waktu sangat cepat. Perusahaan memiliki pengendalian yang lebih baik pada gudang miliknya sendiri, tetapi modal mereka tertanam dan kurang fleksibel jika lokasi yang diinginkan berubah. Perusahaan mungkin memiliki gudang pribadi dan menyewa tempat di gudang umum.

Sebagian persediaan disimpan di atau dekat pabrik, dan sisanya di gudang-gudang di seluruh pelosok negeri. Perusahaan harus memutuskan jumlah lokasi penyimpanan yang diinginkan seperti di kawasan industri dan pergudangan eksklusif dengan penghijauan. Perusahaan harus menyimpan barang jadinya sampai terjual.

Selain itu gudang dapat pula digunakan sebagai tempat mengolah, menyortir, membungkus, dan mengepak barang-barang yang akan dijual ataupun dikirim. Suatu tempat atau bangunan yang digunakan untuk tempat menyimpan barang-barang. Gudang dijual surabaya waringin warehouse, di industri makanan contohnya ada yang perusahaan jasa logistik yang menawarkan pencucian dan pembersihan peralatan makanan sebelum barang tersebut dapat dipergunakan kembali.

Selain itu ada juga gudang reverse logistik yang menawarkan untuk menyimpan dan mengelola perlengkapan packaging ataupun melakukan pengelolaan palet. Gudang ini didesain untuk mengelola permintaan pengiriman barang dengan volume besar. Proses awalnya barang akan dikumpulkan di pusat sortir tersebut, selanjutnya dilakukan proses sortir berdasakan kode pos ataupun berdasarkan zonasi.Setelah dilakukan proses sortir, barang yang sudah terkumpul akan dikonsolidasikan dan dilakukan pengiriman berdasarkan area distribusinya.Beberapa pusat sortir sudah menggunakan otomasi untuk memudahkan proses sortirnya.

Gudang dengan karakteristik seperti ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan pengiriman surat, parsel ataupun perusahaan penyewaan palet yang melakukan distribusi palet ke berbagai lokasi. Gudang tipe ini dipandang sebagai gudang paling efisien dan mempunya respon yang cepat dalam menangani perpindahan barang.Karakteristik gudang ini adalah barang akan disimpan dengan waktu yang singkat. Gudang ini merupakan tempat penyimpanan yang difungsikan sebagai buffer atau safety stock dari permintaan pasar terhadap produk akhir ini.

Misal suatu produk peralatan elektronik internasional yang memiliki kabel power yang memiliki konektor dengan standard yang berbeda-beda antara negara yang satu dengan yang lain, karena itu dilakukan penambahan kabel power di negara tempat peralatan elektronik tersebut akan didistribusikan. Beberapa contoh yang dilakukan di gudang tempat penyimpanan barang setengah jadi diantaranya adalah : Customization, adanya proses yang membedakan suatu barang dengan item yang sama, biasanya karena adanya permintaan dari konsumen.

Biasanya lokasi gudang ini berdekatan dengan pusat pengolahan produksi. Gudang ini berfungsi sebagai titik dalam sistem distribusi pada produk yang diterima dari berbagai pemasok dan segera dikirimkan ke banyak pelanggan. Ada beberapa gudang yang hanya menyimpan produk dalam waktu sangat cepat.

Misalnya : jaringan ritel besar menyediakan dan mengoperasikan gudang dimana ia menerima dan mendistribusikan produk untuk toko mereka atau grosir. Pada artikel ini akan di bahas mengenai tipe dan jenis gudang secara umum, serta tipe gudang berdasarkan karakteristik penyimpanannya. Kali ini kami akan membahas mengenai tipe dan jenis gudang penyimpanan.

Gudang ini biasanya ditujukan untuk menyimpan berbagai produk beku atau makanan. Jadi, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa gudang ini menjadi sebuah titik perpindahan antara produk yang diterima pemasok yang kemudian langsung diantarkan menuju toko toko ataupun grosir.

Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*